Bupati Brebes Lantik 34 Kades Terpilih Wilayah Pantura

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, resmi melantik Kepala Desa (Kades) terpilih hasil pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap 2 diwilayah Kabupaten Brebes, yang dilaksanakan pada pertengahan Desember 2019 kemarin.

Setelah sehari sebelumnya, melantik Kades wilayah Tengah. Hari ini, Kamis 27 Pebruari 2020 Bupati Brebes kembali melantik untuk Kades diwilyah Jalur Pantura. Sebanyak 34 Kades terpilih dari 5 Kecamatan. Yaitu, Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Kecamatan Losari mengikuti prosesi tersebut.

Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan Bupati Brebes Nomor: 141 / 090 / 2020 tentang pengangkatan calon kepala Desa terpilih menjadi kepala desa definitif hasil pemilihan kepala desa serentak gelombang ke-2 kabupaten Brebes tahun 2019.

Usai melantik dan mengambil Sumpah Jabatan, Bupati Brebes dalam sambutanya menyampaikan beberapa perhatian diantaranya Kades harus segera mempelajari dan memahami Peraturan Perundang undangan tentang desa yang bisa dijadikan sebagai dasar dalam melangkah menunaikan tugasny. Kemudian, meminta segera untuk membangun sinergitas dengan Badan Permusyawaran Desa untuk menjalankan program kerja yang telah disiapkan.

Selanjutnya, diharapkan kepada para Kades untuk semua elemen masyarakat yang ada termasuk yang kemarin sempat menjadi pesaing dalam kontestasi pilkades agar bisa tercipta iklim kondusif.

“Dalam menjalankan jalankan roda pemerintahan harus dengan penuh tanggung jawab. Serta berdayakan dan optimalkan perangkat desa yang sudah ada dan berpengalaman, dan keenam, jangan sampai menyelewengkan kewenangan,” lanjutnya.

Bupati Brebes juga mengingatkan kepada para Kepala Desa untuk berhati-hati menggunakan Dana Desa (DD). Pihaknya berharap, dalam penggunaannya harus mengedepankan keterbukaan.

Pelantikan yang berlangsung di lapangan desa Grinting Kecamatan Bulakamba itu turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat dan undangan lainnya.

Sementara itu, prosesi pelantikan tersebut mendapat pengamanan ketat dari jajaran Kepolisian Resor Brebes. Sedikitnya 207 personel gabungan dari Polres Brebes dibantu jajaran TNI dan SatpolPP diterjunkan ke lokasi berlangsungnya acara dan ada juga yang mengawal Kades terpilih dari masing masing Kecamatan demi menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih.

Baca Juga  Jokowi Menang Tipis atas Prabowo di TPS Bupati Idza

Kapolres Brebes melalui Kabag Ops Kompol Raharja menegaskan jika selama prosesi pelantikan para kades berlangsung aman dan lancar. “Alhamdulillah, selama proses pelantikan berlangsung suasana aman dan terkendali. Sehingga prosesi pelantikan berlangsung aman, lancar dan kondusif,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.