Hubungan Warna Darah Menstruasi dan Kondisi Tubuh Saat Haid

Secara tidak sadar, warna darah menstruasi Anda mungkin bervariasi. Terkadang agak cokelat, atau hampir hitam, untuk kemudian berubah menjadi merah terang. Kondisi seperti ini dilihat dari kacamata kesehatan secara keseluruhan lebih cenderung dipengaruhi oleh waktu dan lama haid Anda dibanding dengan yang terlihat — tetapi di balik itu, ada beberapa alasan mengapa darah haid Anda memiliki variasi warna. Warna darah haid tidak ada korelasi ilmiah dengan sakit perut saat haid apakah berbahaya atau tidak, sehingga Anda tidak perlu panik atau mencari pereda nyeri haid. Ketahui penjelasan ilmiahnya, baru lakukan tindakan bila dirasa tidak normal.

Darah (dan jaringan) berubah warna tergantung pada berapa lama ia terpapar oksigenasi udara. Warna darah tampak lebih gelap karena bereaksi dengan oksigen, dan sebagian besar air dalam darah akan menguap, membuat pigmentasi lebih terkonsentrasi.

Endometrium adalah lapisan dalam rahim Anda, di mana telur yang dibuahi akan menanam dan tumbuh. Endometrium terdiri dari jaringan yang sangat vaskularisasi dengan arteri spiralis khusus. Ini memberi telur yang dibuahi akses cepat dan mudah ke suplai darah segar (membawa nutrisi dan oksigen), sehingga dapat mulai berkembang.

Tepat sebelum Anda mendapatkan menstruasi, arteri spiral khusus ini mengerut, untuk membatasi kehilangan darah. Setelah penyempitan arteri spiral, endometrium mulai pecah berkeping-keping dari lapisan rahim yang lebih dalam. Endometrium Anda tidak memisah sekaligus, itu adalah pemisahan yang lebih lambat dan terkontrol, dan dibutuhkan waktu bagi jaringan endometrium Anda untuk turun melalui serviks dan vagina Anda. Darah dan jaringan awal ini mungkin tampak merah tua atau coklat, atau bahkan hitam karena perlu waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh Anda.

Baca Juga  Langkah Mudah Dan Praktis Membuat Telur Asin Secara Tradisional

Ketika jaringan pecah, ia meninggalkan ujung pembuluh darah yang terus keluar. Kemudian darah merah terang yang mungkin Anda lihat selama menstruasi Anda berasal. Akhirnya trombosit (potongan sel yang terlibat dalam pembekuan darah) diaktifkan untuk dikelompokkan bersama dan membentuk sumbat untuk menghentikan pendarahan, membuat periode berakhir. Saat perdarahan melambat menjelang akhir periode, sekali lagi mungkin tampak merah atau coklat lebih gelap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.