KPU Brebes Coret 4 Bacaleg Yang Tak Memenuhi Syarat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes mencoret 4 bakal calon legislatif (bacaleg).

Hal tersebut menyusul pada masa akhir perbaikan administrasi bakal calon legislatif, yang bersangkutan tidak juga melengkapi kekurangan berkas pencalonan.

Ke- 4 bacaleg gagal tersebut berasal dari dua parpol, antaranya 3 bacaleg dari Partai Nasdem dan satu lainnya dari Partai Hanura. Mereka d coret karena masuk kategori Tidak Memenuhi Syarat (TMS) bacaleg.

Dalam siaran persnya, Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi, Selasa (7/8/2018) di kantor KPU mengatakan, 4 bacaleg tersebut dicoret setelah pihaknya melakukan rapat pleno sekaligus melakukan pengecekan ulang.

“Jadi hingga batas akhir verifikasi sampai 31 Juli 2018, ada beberapa bacaleg yang tidak melengkapi berkas, kita penolakan dan masuk kategori TMS,” jelasnya.

Reza melanjutkan, 4 bacaleg tersebut TMS karena tidak melengkapi berkas kekurangan administrasi. Di antaranya mereka tidak melakukan legalisir ijazah, tidak melampirkan SKCK dan keterangan Pengadilan Negeri.

“Ada juga bacaleg yang sama sekali tidak melampirkan ijasah dan SKCK, menurut parpolnya, mereka tidak kooperatif,” tambah Riza.

Dicoretnya 4 bacaleg ini, menurut Riza tidak terlalu berpengaruh terhadap persyaratan parpol. Sebab, meski ada perempuan yang dicoret, tapi kedua parpol tersebut masih tetap memenuhi kuota.

Setelah terdapat bacaleg yang masuk kategori TMS, KPU menyatakan hingga kini terdapat 489 bacaleg yang akan diumumkan pada Daftar Caleg Sementara (DCS).

“DCS kita umumkan, lalu kita minta tanggapan masyarakat. Bisa saja dari tanggapan masyarakat, ada bacaleg yg tidak memenuhi syarat,” pungkas Riza.

Baca Juga  Ganjar Pranowo Tanggapi Petani Brebes Curhat ke Sandiaga Uno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.