Langkah Mudah Dan Praktis Membuat Telur Asin Secara Tradisional

Telur asin yang gurih nikmat ternyata gampang dibuat sendiri. Cara tradisional menggunakan campuran garam dengan abu gosok atau bubuk batu bata merah. Yuk bikin!

Membuat telur asin bisa dengan beberapa cara. Ada yang merendamnya dalam larutan garam, membalurinya dengan adonan garam, dan membalurinya dengan adonan garam dan abu gosok/bubuk bata merah. Cara terakhir merupakan cara tradisional yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Berikut langkah pembuatannya.

1. Bahan

Siapkan 10-30 butir telur bebek berkualitas, 1,5 ​ kg ​abu gosok atau bubuk batu bata merah, 0,5 kg garam dapur, dan air bersih.

Telur Asin

2. Alat
Siapkan juga ember plastik, amplas, panci, alat pengaduk, dan wadah penyimpan telur.

3. Proses
Siapkan air di ember plastik. Cuci bersih semua telur mentah. Bisa menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda di permukaan telur. Setelah itu, lap dan keringkan telur.

Gosok perlahan permukaan telur dengan amplas. Tujuannya agar pori-pori telur terbuka dan campuran untuk mengasinkan dapat meresap ke dalam telur.

Di panci terpisah, buat campuran pengasin telur. Caranya, campur abu gosok/bubuk batu bata merah dengan garam menggunakan perbandingan 1:1. Misalkan, 1 kg abu gosok dengan 1 kg garam. Tambahkan air pada campuran ini lalu aduk hingga menjadi seperti pasta.

Proses Pembuatan Telur Asin

Baluri telur satu per satu dengan adonan, kira-kira setebal 1-2 mm.

Simpan telur dalam wadah kuali atau ember plastik selama 15-20 hari. Makin lama waktu penyimpanan, maka telur akan semakin asin.

Setelah waktu yang ditentukan, bersihkan telur asin dari campuran pengasin. Telurpun siap diolah lebih lanjut. Bisa direbus maupun dikukus.

4. Tips
Pastikan telur berkualitas baik, tidak retak atau tidak busuk. Untuk mengetahuinya, rendam telur di air. Jika mengapung,​berarti telur sudah lama, sebaiknya​ tidak dipakai.

Baca Juga  Cara Memasak Bawang Goreng Agar Renyah

Beberapa orang merendam kembali telur dalam larutan teh setelah dibersihkan dari campuran pengasin. Lama perendaman kira-kira 8 hari. Cara ini bertujuan meningkatkan ketahanan telur asin hingga 6 minggu. Penggunaan ekstrak daun teh juga membuat telur berwarna cokelat muda dengan aroma lebih enak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.