Masa Tanam Bawang Merah Pada Awal Musim Penghujan 2020

Brebes, radarbrebes.com- Brebes merupakan salah satu kabupaten yang terletak dalam lingkungan administratif provinsi Jawa Tengah, dan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung barat provinsi Jawa Tengah. Masyarakat Brebes mayoritas bermatapencaharian sebagai seorang petani, yakni petani bawang merah.

Brebes sudah lama dikenal sebagai sentra produksi bawang merah di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, karena memang kualitas bawang merah di Brebes sangat bagus dibandingkan dengan daerah yang lain.

Pada akhir musim kemarau kemarin yang ditandai dengan istilah musim pengeringan, dimana banyak petani yang lahannya menganggur karena kemarau berkepanjangan, yang mengakibatkan sulitnya pasokan air untuk mengairi lahan mereka. Peralihan musim kemarau ke musim hujan pun cukup lama, tak seperti tahun-tahun biasanya dimana bulan Oktober biasanya mereka sudah manja atau  melakukan penanaman. Tidak halnya dengan musim ini, dimana di penghujung tahun 2019, para petani baru memulai manja bawang merahnya saat tiba udan atau sudah turun hujan.

“Alhamdulillah, musim hujan sudah tiba, kami pun para petani dapat memulai aktivitas seperti biasanya, setelah lama menganggur saat musim pengeringan” Ungkap Rokhidin, salah seorang petani bawang merah di desa Sengon, Tanjung, Brebes.

Rokhidin menambahkan, para petani di desanya berharap agar dinas terkait memperhatikan pasokan air saat musim kemarau, agar hal seperti tahun lalu tidak terulang kembali.

 

Baca Juga  Pemrov Jateng Gelar Operasi Pasar di Pasar Bulakamba Karena Harga Beras Melambung

2 thoughts on “Masa Tanam Bawang Merah Pada Awal Musim Penghujan 2020

  1. Mohon maaf. Ini adalah tulisan saya yang saya kirimkan ke radar brebes beberapa bulan silam. Kok dimuat tetapi tidak mencantumkan nama saya yah?

    1. Masa Tanam Bawang Merah Pada Awal Musim Penghujan 2020
      Posted on : 25 Februari 2020 By Maldini Faqih

      ada dipaling atas kak. mohon di cek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.