Nature dan Nurture dalam Perkembangan Anak

Nature adalah perkembangan yang terpengaruh oleh faktor bawaan atau hederitas, sedangkan Nurture adalah perkembangan yang terpengaruh oleh faktor lingkungan. Dalam pembentukan watak anak dipengaruhi oleh dua faktor berikut, dari Nature sendiri anak memulai pembentukan diri anak dengan dipengaruhi oleh faktor bawaan dari orang tuanya jadi anak meniru kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang tuanya, misal anak pandai bernyanyi karena memiliki ibu seorang penyanyi dan dia sering mendengar dan meniru apa yang dilakukan ibu nya dan mungkin karena dia mewarisi gen ibu yang pandai bernyanyi, sedangkan dari Nurture anak akan berkembang sesuai dengan lingkungan yang sedang dia tempati, misal anak sejak kecil disekolahan jauh dari orang tua, anak yang aslinya dari Jawa dan bersekolah di Jakarta akan meliki kebiasaan yang lebih cenderung kepada bahasa Indonesia dibandingkan dengan bahasa Jawa, jadi faktor lingkungan mempengaruhi perkembangan anak.

Karena Nature dan Nurture sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak maka orangtua harus menjadi contoh yang baik agar faktor Nature dari anak juga akan tertanam dalam diri anak tersebut, dan orangtua juga harus memilih lingkungan yang baik untuk anaknya dan agar anak mudah beradaptasi sehingga faktor Nuture dalam diri anak juga akan diterima anak secara baik terlebih lagi lingkungan menjadi pemicu yang sangat kuat terhadap pembentukan dan perkembangan watak serta sikap anak karena jika anak sudah nyaman dengan lingkungannya meskipun itu lingkungan yang kurang baik mereka akan tetap berada dan berkembang dilingkungan tersebut, jadi lebih baik untuk menempatkan anak dilingkungan yang memang baik dan bermanfaat untuk mendorong perkembangan anak tersebut.

Nurture mengacu pada lingkungan dan mendukung perkembangan. Faktor lingkungan sendiri ada dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan Masyarakat. Lingkungan keluarga adalah dapat dikatakan sebagai penentu utama dari perkembangan anak, peran orangtua disini sangat dibutuhkan karena lingkungan keluarga ini memiliki peran penting dalam mewujudkan keprbadian anak. Kedua lingkungan sekolah, merupakan lembaga pendidikan formal yang memberikan pengajaran, melatih dan mendidik anak terhadap potensi yang dimiliki anak tersebut disini anak akan belajar adaptasi dengan teman sebaya mereka dan juga anak akan memiliki pergaulan. Ketiga lingkungan Masyarakat, perkembangan anak juga berpengaruh terhadap kondisi lingkungan tempat tinggal dan masyarakat disekitarnya.

Baca Juga  Si Gepeng Pelipur Hati Yang Kosong

Sikap orangtua dalam mendidik anaknya juga harus baik dan mereka harus memberikan contoh dan teladan yang baik sehingga anak akan meniru apa yang dilakukan orangtua nya karena yang pertama menjadi contoh anak adalah orang tua, jadi dalam memberikan pelajaran orangtua juga harus memiliki ilmu yang baik agar tau cara-cara yang baik untuk perkembangan anak dan pembentukan watak anak mereka.

 

Ditulis oleh:

Arfiyatul Aini

arfiatulaini@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.