Pejagan – Pemalang Tol Road Sediakan 6 Rest Area Arus Mudik dan Balik

Kepala Cabang PT. Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) Ian Dwinanto mengungkapkan, sedikitnya ada 6 rest area yang nantinya bisa digunakan oleh para pemudik saat diberlakukannya One Way, 30 Mei mendatang.

Adapun ke 6 rest area tersebut terdapat 1 rest area kelas A di KM 260 dan 5 rest area kelas B di KM 252, 275, dan 287. Sedang dua lainnya untuk arus balik ada di KM 294 dan 282.

“Mudah-mudahan dengan adanya 6 rest area ini, dapat mengurangi beban yang menuju ke arah timur untuk pengguna jalan bisa beristirahat. Karena sejak di Km 287, baru ketemu lagi rest area yang sifatnya fungsional di jalur tol itu ada di KM 344,” jelas Ian kepada sejumlah awak media saat berbuka puasa bareng di Rumah Makan Djitoe, Brebes Jumat (24/5/2019) petang.

Pada saat puncak arus mudik, lanjut Ian, banyak pengguna tol yang akan menggunakan rest area sebagai tempat untuk berbuka puasa.

Sementara, rest area tipe B saja hanya bisa menampung tak lebih dari 60 kendaraan. Menghadapi situasi demikian, pengelola tol akan melakukan sistem buka tutup rest area.

“Pada saat puncak arus mudik, kita akan berlakukan sistem buka tutup di rest area. Dimana posisi rest area kita, ketika sudah full lebih dari 60 kendaraan, maka akan dialihkan ke rest area selanjutnya atau akan kita putarkan untuk terlebih dahulu ke gerbang tol terdekat,” jelas Ian.

Ketika terjadi lonjakan pengguna tol yang akan berbuka di rest area, selain mengandalkan 6 rest area, PPTR punya cara lain untuk menanggulangi hal tersebut, yakni dengan memanfaatkan rest area di luar tol yang paling dekat dengan gerbang tol.

“Informasi tersebut akan disampaikan kepada pengendara di masing-masing exit tol,” terangnya.

Baca Juga  Kakek Asal Songgom ini Selamat Setelah Tersambar Petir

“Bahwa kalau rest area penuh, maka kita berikan alternatif ke pengguna jalan untuk keluar di GT terdekat. Contoh kita kerja sama dengan BNI dan Pemkab Tegal, kita berdayakan rest area yang menuju ke ujung rusi dan exit Tegal. Jadi sepanjang itu akan jadi rest area tambahan untuk menuju ke arah selanjutnya,” bebernya lagi.

Pada rest area tambahan tersebut, PPTR juga tetap menyiagakan petugas untuk melayani terkait dengan pengamanan, kebersihan dan fungsi di rest area. “Kita tunjuk PIC selama 24 jam,” lanjut Ian.

Tarif TOL Diskon 15 %

Selain rest area, pengguna tol juga akan mendapatkan diskon tarif hingga 15 persen yang akan dimulai sejak 29 Juni hingga 12 Mei 2019.

“Berdasarkan kesepakatan bersama di semua BUJT Trans Jawa, besarnya 15 persen dari tarif normal yang sekarang untuk seluruh ruas Tol Trans Jawa untuk arus mudik dan balik,” pungkas Ian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.