Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa

Pendidikan merupakan suatu hal yang saat ini dinilai sangat penting di dunia, sebab di dunia ini masih membutuhkan orang-orang yang berkompeten yakni orang berpendidikan agar bisa membentuk dan membangun suatu Negara yang maju.

Namun selain itu karakter juga sangat dibutuhkan bahkan memiliki keistimewaan tersendiri sebab pada zaman sekarang ini dimana sebagian orang tidak hanya melihat oleh betapa tinggi pendidikananya ataupun gelaryang sudah diraihnya, melainkan terhadap karakter atau kepribadian yang dimilikinya/setiap orang.

Selain itu proses pendidikan yang berlangsung di sekolah masih kerapkali banyak yang hanya lebih mengutamakan atau mementingkan aspek kognitifnya, dan juga masih sangat banyak sekali sejumlah guru hampir setiap disetiap sekolah yang hanya asal-asalan dalam mengjar agar mereka terlihat telah memenuhi tugasnya sebagai guru atau dijadikan formalitas saja tanpa memberikan atau memperkenalkan dan mengajar muridnya mengenai bagaimana berbagai etika yang baik yang harus ditanamkan dari diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian di dalam sebuah buku yang membahas mengenai sebuah “KECERDASAN GANDA” (Multiple Intelligences), dimana Daniel Goleman menerangkan bahwa adanya kecerdasan secara emosional dan juga sosial dalam aspek kehidupan merupakan bagian yang sangat dibutuhkan dengan presentasi 80%, namun sementara kecerdasan intelektual dibutuhkan hanyalah sekedarnya saja yang dengan dipresentasikan sekitar 20% saja.

Maka dalam hal ini pendidikan karakter merupakan bagian atau pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh manusia agar dapat membentuk manusia yang beradap dan berbudi pekerti baik seeta kedepannya dapat menyongsong masa depan yang lebih baik, bukan suatu kehidupan yang justru akan dipenuhi dengan berbagai perilaku biadab.

Maka kemudian tumbuhlah pemikiran oleh para cerdik yang pandai mengenai apa yang disebut dan dikenal pendidikan karakter (character education). Selain itu banyak pilar-pilar karakter yang musti ditanamkan kepada anak-anak penerus bangsa, yang diantaranya ialah seperti menanamkan kejujuran, yang dalam kehidupan yang baik kejujuran merupakan suatu hal yang paling urama yang harus ditanamkan kepada diri kita ataupun anak-anak penerus bangsa sebab kejujuran ialah merupakan suatu banteng dari semuanya.

Baca Juga  Si Gepeng Pelipur Hati Yang Kosong

Semoga saja diterapkannya bebrbagai pendidikan salah satunya pendidikan karakter di sekolah dapat membentuk semua pontensi terhadap kecerdasan anak-anak yang nantinya akan dilandasi oleh karakter-karakter yang bisa mengantarkan mereka menjadi orang-orang yang sangat diharapkan dan layak menjadi sebagai penerus bangsa.

 

Ditulis oleh :

Anggi Lia Milasari

anggiliamilasari16@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.