Pengaruh Negatif Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Perlu diketahui seiring dengan berjalannya waktu, maka teknologi di zaman sekarang ini juga  berkembang sangat pesat. Teknologi-teknologi canggih seperti gadget di zaman sekarang ini banyak digunakan mayoritas orang untuk mempermudah segala aktifitas seperti mempermudah dalam bekerja,belajar dan lain sebagainya, akan tetapi perkembangan teknologi juga memberikan dampak yang besar terhadap pendidikan.

Di zaman sekarang ini bukan hanya orang dewasa saja yang mengenal teknologi tetapi juga berpengaruh kepada anak. Banyak orang tua yang membebaskan anaknya bermain gadget, sehingga akan membentuk perkembangan anak dan membuat anak kurang bersosialisasi dalam lingkungannya.

Perkembangan zaman yang semakin canggih ini dapat merubah pola pikir masyarakat, seperti saat ini banyak anak-anak menjadi individualis karena terlalu asyik bermain dengan gadgetnya sampai lupa dengan lingkungan luar dimana anak bisa saling berinteraksi dengan yang lain bisa bersosialisasi dengan baik sehingga akan mempengaruhi perkembangan dan juga perilaku anak tersebut . Semakin lama anak menggunakan gadget, maka semakin besar risiko kecanduan yang akan di alami oleh anak tersebut. Jika anak sudah kecanduan, maka perkembangan anak pun juga akan terhambat, seperti turunnya kosentrasi, malas membaca dan menulis, terbiasa berfikir dangkal, menurunnya kemampuan bersosialisasi, gangguan tidur, malas melakukan banyak hal, sifat agresif dan lain sebagainya.

Anak juga akan mengalami masalah psikologi seperti menjadi orang yang pendiam, sering menyendiri dan kesepian karena menghabiskan waktunya untuk bermain gadget tanpa bersosialisasi dengan orang lain, sulit fokus dan malas dalam belajar.

Selain berdampak bagi perkembangan psikologisnya, bermain gadget juga berdampak pada kesehatan fisik anak terutama pada kesehatan matanya, anak yang terlalu sering bermain gadget bisa menimbulkan rabun jauh, sehingga anak harus menggunakan kacamata pada awal usia yang dibilang masih belia.

Baca Juga  Peran Pendidikan Dalam Lingkup Pemuda Ideal

Selain itu orang tua juga harus bisa membatasi penggunaan gadget pada anak, supaya sedikit demi sedikit efek kecanduan gadget pada anak bisa berkurang. Dengan memberi batasan maka lama-kelamaan anak akan mulai lupa dengan gadgetnya. Orang tua juga harus bisa menjadikan contoh bagi anaknya, sebisa mungkin orang tua juga tidak sibuk dengan gadgetnya di hadapan anak. Karena anak merupakan tumpuan dan harapan di masa depan, maka orang tua harus memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan anaknya, supaya anaknya terarah dengan baik dan mempunyai perilaku yang baik.

 

Ditulis oleh:

Rizka yulfiana

rizkayulfiana8@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.