Peran Pendidikan Dalam Lingkup Pemuda Ideal

Pemuda ideal adalah pemuda yang matang dengan kecerdasannya, ketrampilannya, kesantunannya, ketaqwaannya, kuat fisiknya, jujur dan kedewasanyaa. Semua capaian itu bukanlah mustahil untuk dilakukan. Diperlukan adanya sistem dan formula khusus untuk mewujudkannya dalam sistem pendidikan disekolah. Sistem yang mampu menyatukan segala aspek karakter positif dan mengintegrasikannya kedalam materi pembelajaran sekolah.keteladanan dan lainsebagainya. Sistem pendidikan yang tenngah merak dibicarakan dan populer dikalangan praktisi pendidikan ini adalah pendidikan karakter.

Kehidupan pemuda bangsa beberapa tahun terakhir ini telah berada titik nadir. Kebanyakan   dari pemuda lebih suka bermalas-malasan terlalu banyak bermain game dihp, sehingga menjadikan pemuda enggan untuk bekerja keras. Jika ada pemuda yang bekerja keras itupun hanya untuk sekedar memenuhi keinginannya saja yang bersifat konsumtif. Sedikit sekalih pemuda yang matang secara emosional,cerdas dalam berfikir dan kaya dengan keimanan. Pemuda yang hebat bukan dilihat dari kesuksesan akademiknya saja. Bukan pula dilihat dari kesuksesan akademiknya saja. Bukan pula dilihat dari kepopulerannya,apalagi kepandaiannya dalam mencari uang. Semua itu adalah capaian semu bersifat pragmatis yang seolah menjadi prestasi besar yang telah berhasil mereka raih.

Adapun karakter dalam pendidikannya yaitu pendidikan karakter inimemuat delapan belas nilai karakter positif yang terintegrasi menjadi satu dalam segala aspek pendidikan disekolah dan dirumah. Kedelapan belas nilai karakter yang tercakup dalam sistem pendidikan ini diharapkan mampu menjadi jembatan bagi terciptanya pemuda yang cerdas, beriman, bertaqwa dan cinta negara.

 

Ditulis oleh:

Ismi Nur Azizah

adytiafridzki16@gmail.com

Baca Juga  Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.