Perlu Sentuhan Gotong Royong untuk Majukan Brebes Menurut Wabup Narjo

RadarBrebes – Lewat gotong royong, pekerjaan berat menjadi ringan, sesuatu yang mustahil bisa menjadi kenyataan yang bisa terwujud dalam waktu yang cepat, murah dan bermanfaat.

Untuk itu, gotong royong harus ditanamkan sejak dini melalui proses pendidikan anak-anak.

“Kegiatan gotong royong harus dilakukan secara nyata, bukan sekadar wacana,” demikian Wakil Bupati Brebes Narjo SH, mewakili Bupati Idza Priyanti, saat membuka peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 tingkat Kabupaten Brebes di Lapangan Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba Brebes, Senin (7/5/2018).

Melalui gotong royong, kata Narjo, juga bisa mempererat silaturahmi, memperlancar komunikasi dan menumbuhkan kemitraan antara masyarakat dengan pimpinannya.

Dengan dilakukan secara gotong royong maka hasil usaha bersama tersebut bisa menimbulkan rasa memiliki dan tanggung jawab bersama.

“Termasuk pembangunan di Brebes, akan berhasil maksimal kalau didukung jiwa semangat dan perilaku gotong royong seluruh komponen masyarakat,” tandasnya.

Potensi lokal Brebes seperti telor asin, bawang merah, pariwisata harus didukung dengan semangat gotong royong yang inovatif.

“Pariwisata Brebes misalnya, kini tumbuhkembang pesat karena adanya sentuhan gotong royong masyarakat, serta daya dukung kearifan lokal masyarakat setempat,” lanjutnya.

Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dibuka Wakil Bupati yang ditandai dengan pemukulan kentongan.

Dalam kesempatan tersebut, juga dirangkai dengan berbagai kegiatan antara lain pengerukan selokan, bersih bersih lingkungan serta peresmian Tempat Pengelolaan Sampah Sementara, dan Peresmian PAUD Holistik Integratif Ceria, serta pembagian berbagai macam hadiah perlombaan.

Pasar murah yang digelar perwakilan PKK dan Bumdes dari 17 Kecamatan juga menambah kesemarakan acara.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati, Forkopimda, Sekda Bebes Emastoni Ezam, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya tampak hadir. Mereka juga menyerahkan hadiah berbagai lomba yang digelar PKK maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades).

Baca Juga  Perjuangan Warga Brebes Cari Air dengan Gali Dasar Sungai

Wakil Bupati juga melantik kepengurusan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Garuda Desa Grinting Kecamatan Bulakamba, Brebes. Pokdarwis tersebut kini telah menggeliat dengan menawarkan wisata hutan mangrove dan potensi pantai Grinting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.