Persoalan Pendidikan Anak Pedalaman

Pendidikan adalah faktor utama dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Dengan tingginya taraf pendidikan, maka akan semakin baik sumber daya manusia yang ada. Pendidikan dimulai sejak dini sampai dewasa. Pendidikan dapat dilakukan oleh siapapun tanpa memandang derajat.  Anak pedalaman, anak suku dalam mempunyai hak untuk mendapatakan pendidikan yang layak untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya. Berbagai macam permasalahan seringkali menghambat peningkatan mutu pendidikan nasional, khususnya di daerah pedalaman seperti sarana dan prasarana yang belum memadai, kurangnya tenaga pengajar yang mau mengajar di daerah pedalaman, bahkan akses jalan yang bisa dikatakan sangat susah. Padahal kualitas seseorang di ukur melalui seberapa jauh pendidikan yang telah dicapai karena kualitas seorang lulusan SD akan berbeda dengan kualitas seorang sarjana.

Anak yang tinggal di daerah pedalaman sangat sulit mendapatkan kehidupan yang layak seperti anak pada umumnya. Mereka kesulitan mendapatkan air bersih, sulit mengikuti perkembangan zaman, kebanyakan mereka tidak mengenal alat komunikasi seperti telepon gengam, mereka juga tidak dapat mengakses internet dikarenakan jaringan internet yang sangat terbatas bahkan tidak ada sama sekali, dan mereka sulit mendapatkan pendidikan yang layak dan mengenyam pendidikan dua belas tahun. Penderitaan anak pedalaman tidak hanya sebatas dari fasilitas saja, seperti mereka harus menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki, menyebrangi sungai yang hanya menggunakan jembatan gantung, bahkan ada juga yang harus menyebrangi sungai sambil menjunjung sepatu dan tasnya demi sampai ke sekolah. Walau perjuangan untuk menuntut ilmu sangat berat tetapi semangat anak pedalaman tak pernah pudar untuk meraih cita-citanya.

Indonesia memiliki tantangan terbesar dalam memberikan pendidikan, diantaranya adalah akses pendidikan bagi semua orang yang kurang mendukung, kualitas pendidikan bagi semua orang yang kurang mendukung, kualitas pendidikan yang sepenuhnya belum merata, dan keseriusan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sementara dunia sekarang sedang menuju ke masyarakat informasi yang ditandai dengan pembelajar seumur hidup.

Baca Juga  Kumpulan Puisi Ngapak

Masalah pendidikan di daerah terpencil tidak baik jika diabaikan begitu saja. Pemerintah harus lebih memperhatikan pendidikan karena semua akan berjalan dengan baik jika atas manajemennya dalam hal ini pemerintah mampu dan mau untuk lebih peduli terhadap pendidikan di daerah pedalaman, serta seharusnya pemerintah mempunyai langkah-langkah untuk mengatasinya. Langkah-langkah bisa berwujud perhatian yang lebih dari pemerintah maupun pengawasan yang lebih intensif terhadap pendidikan di daerah pedalaman. Wujud perhatiannya bisa seperti meningkatkan sarana dan prasarana yang belum memadai, memperbaiki kualitas guru dengan memberikan suport materi dan motivasi secara personal. Bisa juga dilakukan dengan penaikan gaji guru di daerah pedalaman karena tuntutan mengajar seorang guru di daerah pedalaman lebih berat dibandingkan tuntutan guru yang mengajar di daerah perkotaan, serta sering diadakan pertukaran guru antar daerah agar guru di daerah pedalaman dapat termotivasi semangatnya.

Oleh karena itu, tidak hanya pemerintah saja yang harus berperan dalam memajukan pendidikan di daerah pedalaman, namun peran dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dalam suatu kehidupan juga menjadi peran penting dalam memajukan pendidikan dan selanjutnya pembangunan di suatu daerah, terutama daerah pedalaman.

 

Ditulis oleh :

Fauziah Artiningsih

fauziahartiningsih@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.