Tebing Kritis Membuat Enam Rumah di Linggapura Brebes Terancam Longsor

Tebing Kritis Membuat Enam Rumah di Linggapura Brebes Terancam Longsor – Sedikitnya enam rumah di Desa Linggapura, Kecamatan Tonjong, Brebes terancam longsor. Rumah-rumah tersebut berada persis di atas tebing tepi Sungai Kalong di RT 001/RW 001 desa setempat.

Salah satu rumah yang sudah terkena dampak longsor yakni milik warga bernama Siti Zaenab. Sebagian dapur rumah tersebut sudah longsor ke sungai. Dia terpaksa menutup bagian belakang rumah dengan seng karena temboknya sudah ambrol terbawa longsor.

Peristiwa longsor itu terjadi pada akhir 2017 lalu sekitar pukul 23.00 WIB, saat wilayah tersebut diguyur hujan deras. “Ketika itu kami sekeluarga belum tidur karena waswas,” kata dia saat ditemui Panturapost.com di rumahnya, Ahad, 28 Januari 2018.

Longsor Linggapura

Saat ini kondisi rumah itu cukup memperihatinkan karena rawan terkena longsor susulan. Bahkan, kamar mandi yang bersebelahan dengan dapur posisinya kritis lantaran tidak ada lagi tumpuan untuk menahan bangunan.

“Kalau hujan deras kami ketar-ketir. Tidak berani ke dapur atau kamar mandi. Takut longsor susulan,” kata Zaenab. Perlu diketahui, tinggi tebing dari rumah hingga dasar sungai mencapai hampir 20 meter.

Ketua RT setempat, Zaenal Asikin, mengungkapkan, selain rumah Zaenab, ada lima rumah di sekitarnya yang terancam terkena longsor. “Jadi ada enam rumah di RT sini yang terancam longsor. Yang paling parah di rumah Zaenab,” katanya.

Beberapa rumah lain, kondisinya juga tak kalah memperihatinkan. Bahkan, ada rumah yang kamarnya sudah ambrol ke sungai.

Dia berharap, pemerintah kabupaten Brebes segera mengambil tindakan cepat untuk mengatasi masalah ini. Mengingat, beberapa hari ke depan hujan diprediksi akan terus mengguyur wilayah tersebut. “Kami sudah mengajukan bantuan tapi belum mendapat respons,” katanya.

Baca Juga  4 Titik Tanggul Kritis di Desa Sidamulya akan Ditambal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.