Tips bagi Anak Normal Dalam Mengenal Bahasa Isyarat secara Sederhana

Bahasa Isyarat merupakan salah satu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi bagi orang-orang yang menyandang tunarungu dan tunawicara. Apa sih yang dimaksud dengan tunarungu atau tunawicara? Tunarungu adalah orang yang tidak dapat mendengar, sedangkan tunawicara adalah orang yang tidak dapat berbicara. Dalam mengenal bahasa ini bukanlah suatu hal yang sulit, melainkan justru sangat mudah dipahami dan akan menyenangkan bila dipelajarinya. Tidak hanya masyarakat kalangan dewasa normal saja yang dapat mengenal bahasa isyarat, melainkan anak-anak normal pun juga dapat mengenalnya. Selain dapat mengenalnya mereka pun juga dapat mempelajarinya.

Tujuan untuk mengenalkan bahasa isyarat kepada anak-anak normal yaitu agar mereka terbiasa menggunakan bahasa ini ketika akan berkomunikasi dengan orang yang menyandang tunarungu atau pun tunawicara. Selain itu, juga mendapatkan wawasan tentang bahasa isyarat dan ketika dewasa nanti mereka juga dapat mengembangkan bahasa isyarat ini supaya lebih dapat dikenal oleh masyarakat di masa depan nanti.

Disini saya akan memberikan sedikit tips bagi anak normal dalam mengenalkan bahasa isyarat secara sederhana.

1. Mengenalkan dengan contoh gerakan-gerakan bahasa isyarat yanh biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti makan, mandi, minum, tidur, dan lain-lain. Dari situlah anak nomal dapat menangkap contoh gerakan-gerakannya.

2. Mengajak anaknya mengunjungi sosialisasi mengenai tentang bahasa isyarat. Dengan mengunjung sosialisasi tersebut akan mendapatkan berbagai contoh gerakan-gerakan bahasa isyarat

3. Melalui kamus atau buku bahasa isyarat. Di kamus atau buku ini tidak hanya teori saja yang dapat dipelajarinya, melainkan ada banyak contoh gerakan-gerakan bahasa isyarat yang dapat dipahami dan dipelajarinya.

4. Memberikan contoh gerakan-gerakan bahasa isyarat tentang huruf abjad yang dimulai dari huruf A sampai Z. Dengan dikenalkannya huruf abjad, anak normal dapat mengenalkan namanya kepada orang yang tunarungu atau tunawicara dengan menggunakan ini.

5. Mengenalkan contoh gerakan-gerakan bahasa isyarat tentang angka yang dimulai dari angka 0 sampai 10.

Itulah sedikit tips bagi anak normal dalam mengenal bahasa isyarat secara sederhana. Jadi, bagi kalian jangan ragu untuk mengenalkan bahasa isyarat kepada anak kalian yang normal yaaa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.